Jumat, 27 Juni 2014

TUGAS SOFTSKILL AKUNTANSI INTERNASIONAL#



NAMA   KELOMPOK       :               CITRA DIANA N H          (21210608)
        VISCA FEBRINA               ( 28210396)
KELAS  : 4 EB 23
TUGAS SOFTSKILL AKUNTANSI INTERNASIONAL #
BANK RAKYAT INDONESIA (BRI)

Bank Rakyat Indonesia atau biasa disingkat BRI adalah salah satu bank milik pemerintah yang terbesar di Indonesia. Bank Rakyat Indonesia didirikan pada 16 Desember 1895 di Purwokerto, Jawa Tengah. Tanggal tersebut dijadikan hari jadi Bank Rakyat Indonesia. Bank Rakyat Indonesia didirikan oleh Raden Aria Wirjaatmadja.

Sejarah BRI
Semula, bank ini bernama Hulpen Spaarbank der Inlandsche Bestuurs Ambtenaren atau Bank Bantuan dan Simpanan Milik Kaum Priyayi yang berkebangsaan Indonesia (pribumi). Setelah masa kemerdekaan, bank ini menjadi bank pertama milik pemerintah. Hal itu dikuatkan dengan keluarnya Peraturan Pemerintah Nomor 1 Tahun 1946 Pasal 1 yang menerangkan bahwa bank yang didirikan oleh Raden Aria Wirjaatmadja ini menjadi bank milik pemerintah.
Tahun 1948, terjadi perang kemerdekaan yang mengakibatkan kegiatan Bank Rakyat Indonesia  terhenti dan mulai aktif kembali beroperasi setelah Perjanjian Renville pada 1949. Beroperasinya kembali bank ini diikuti dengan perubahan nama menjadi Bank Rakyat Indonesia Serikat. Pada waktu itu, melalui Perpu Nomor 41 Tahun 1960, dibentuk Bank Koperasi Tani dan Nelayan (BKTN) yang merupkan peleburan dari BRI, Bank Tani Nelayan, dan  Nederlandsche Maatschappij (NHM).
Kemudian, berdasarkan Penetapan Presiden (Penpres) Nomor 9 Tahun 1965, BKTN diintegrasikan ke dalam Bank Indonesia dengan nama Bank Indonesia Urusan Koperasi Tani dan Nelayan. Setelah berjalan selama satu bulan, keluarlah Penpres Nomor 17 Tahun 1965 mengenai pembentukan Bank tunggal dengan nama Bank Negara Indonesia. Dalam ketentuan baru itu, Bank Indonesia Urusan Koperasi, Tani dan Nelayan (eks BKTN) disatukan dengan nama Bank Negara Indonesia unit II bidang Rural.
NHM menjadi Bank Negara Indonesia unit bidang Ekspor Impor (Exim). Berdasarkan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 1967 mengenai Undang-Undang Pokok Perbankan dan Undang-undang No. 13 tahun 1968 mengenai Undang-Undang Bank Sentral, fungsi Bank Indonesia kembali menjadi Bank Sentral dan Bank Negara Indonesia Unit II Bidang Rular dan Ekspor Impor dipisahkan masing-masing menjadi dua bank, yaitu Bank Rakyat Indonesia dan Bank Ekspor Impor Indonesia.
Berdasarkan Undang-Undang Nomor  21 Tahun 1968, menetapkan kembali tugas-tugas pokok Bank Rakyat Indonesia sebagai bank umum. Sejak 1 Agustus 1992, berdasarkan Undang-Undang Perbankan Nomor 7 Tahun 1992 dan Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 1992, status Bank Rakyat Indonesia berubah menjadi PT Bank Rakyat Indonesia (Persero). Meskipun mengalami perubahan status, kepemilikan masih tetap 100 persen berada di tangan Pemerintah.

Bidang Usaha BRI
Bank Rakyat Indonesia (Persero) tetap konsisten pada pelayanan masyarakat kecil. Bentuk pelayanan tersebut, antara lain memberikan fasilitas kredit pada golongan pengusaha kecil. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya Kredit Usaha Kecil (KUK) dari tahun ke tahun.
Seiring dengan perkembangan dunia perbankan Indonesia, Bank Rakyat Indonesia pun berkembang semakin pesat. Bank Rakyat Indonesia pun telah tersebar diseluruh pelosok Indonesia. Selain tersebar di seluruh pelosok Indonesia, Bank Rakyat Indonesia pun memiliki perwakilan di luar negeri, seperti Kantor Perwakilan Hongkong. Dan setiap tahun membuka lowongan kerja BRI.

Visi dan Misi BRI
Inilah visi dan misi yang ingin dicapai oleh BRI.
Visi        : Menjadi bank komersial terkemuka yang selalu mengutamakan kepuasan nasabah.
Misi       :
1.       Melakukan kegiatan perbankan yang terbaik dengan mengutamakan pelayanan kepada usaha mikro, kecil dan menengah untuk menunjang peningkatan ekonomi masyarakat.
2.       Memberikan pelayanan prima kepada nasabah melalui jaringan kerja yang tersebar luas dan didukung oleh sumber daya manusia yang profesional dengan melaksanakan praktik good corporate governance.
3.       Memberikan keuntungan dan manfaat yang optimal kepada pihak-pihak yang berkepentingan.

Penghargaan yang Diterima BRI
Kiprah Bank Rakyat Indonesia dalam dunia perbankan Indonesia telah menghasilkan banyak penghargaan. Berikut ini beberapa penghargaan yang telah diterima Bank Rakyat Indonesia.
  • Bisnis Indonesia Award 2009
  • Best Perfomance Bank 2009
  • Best Bank 2009 dari majalah “Investor”
  • Best Public Company 2008 dari majalah “SWA”
Jenis-Jenis Tabungan BRI
Jika Anda berniat untuk membuka tabungan, Bank Rakyat Indonesia  bisa menjadi pilihan Anda. Bank ini memiliki ragam jenis tabungan yang bisa dipilih sesuai kebutuhan nasabah.
1. Tabungan BritAma
BritAma adalah jenis tabungan Bank Rakyat Indonesia  yang mempermudah nasabahnya dengan sistem Real Time Online. Anda dapat menyetorkan tabungan Anda atau mengambil uang Anda di seluruh unit bank BRI yang tersebar di seantero nusantara. BritAma juga dilengkapi dengan fasilitas berupa BritAma Prime Card.
Pemegang tabungan BritAma mendapatkan fasilitas berikut ini:
  • Automatic Fund Transfer (AFT); yaitu kemampuan untuk mentransfer sejumlah dana dari rekening BritAma Anda ke rekening simpanan lain di Bank Rakyat Indonesia  cabang mana pun, setiap tanggal yang telah Anda tentukan, dan sejumlah yang Anda tentukan secara rutin.
  • Account Sweep; yaitu fasilitas untuk memudahkan Anda mentransfer uang dari rekening satu ke rekening lainnya secara otomatis (setelah sebelumnya Anda menyetel jumlah saldo minimal atau maksimalnya). Transfer tersebut akan otomatis dilakukan jika batas saldo maksimal atau minimal terlampaui.
  • Automatic Grab Fund (AGF); yaitu kemudahan untuk mendebet uang secara otomatis oleh satu rekening dari rekening lainnya, yang sifatnya rutin atau tetap.  Kemudahan ini dapat dmanfaatkan dalam membayar angsuran pinjaman secara otomatis.
  • Asuransi kecelakaan diri; jika saldo Anda minimal Rp500.000, Anda mendapatkan hak jaminan asuransi kecelakaan diri. Nilai penanggungan asuransi ini adalah sebesar 250% dari saldo. Maksimal penanggungan adalah sebesar Rp150.000.000. asuransi ini juga bisa digunakan untuk asuransi rawat inap dan asuransi cacat tetap.
  • Akses penggunaan BRI Card dan jaringan BRI card.
  • Undian dengan hadiah miliaran rupiah.
Untuk membuka tabungan BritAma, syaratnya cukup mudah:
  • Mendatangi unit cabang BRI terdekat dengan membawa fotokopi kartu identitas dan NPWP (jika ada)
  • Mengisi formulir pendaftaran pembukaan tabungan BritAma
  • Menyetor setoran awal sebesar Rp250.000
  • Bagi non-perorangan, melampirkan Anggaran Dasar/Akte Pendirian, NPWP, izin usaha, dokumen mengenai identitas pengurus, dan surat kuasa
2. Tabungan Simpedes
Simpedes adalah jenis tabungan yang cocok bagi Anda yang bertransaksi dan menabung dalam rupiah (bukan mata uang asing). Nasabah Simpedes dapat dilayani di berbagai jenis kantor cabang Bank Rakyat Indonesia. Tidak ada pembatasan jumlah maupun frekuensi penyetoran dan penarikan uang.
Keunggulan dari tabungan Simpedes adalah jaringannya yang tersebar di seluruh Indonesia dan serta terhubung online, nasabah berpeluang memenangkan hadiah besar miliaran rupiah, nasabah mendapatkan kartu ATM BRI yang bisa digunakan sebagai kartu debit, serta proses pembukaan rekening yang praktis.
Pemegang tabungan Simpedes mendapatkan fasilitas berikut ini:
  • Automatic Fund Transfer (AFT)
  • Account Sweep
  • Automatic Grab Fund (AGF)
  • Akses penggunaan BRI Card dan jaringannya
Untuk membuka tabungan Simpedes, syaratnya cukup mudah:
  • Mengunjungi cabang BRI terdekat dengan membawa fotokopi kartu identitas diri (untuk perorangan) atau membawa dokumen identitas perusahaan, SIUP, dan Anggaran Dasar (untuk non-perorangan).
  • Mengisi formulir pendaftaran pembukaan rekening Simpedes.
3. Simpedes TKI
Sesuai namanya, jenis tabungan ini diperuntukkan bagi TKI. Tujuan diadakannya jenis tabungan ini adalah untuk memudahkan kegiatan transaksi TKI, termasuk kegiatan penyaluran dan penyimpanan gaji pada TKI.
Kelebihan jenis tabungan ini adalah setoran awal yang sedikit, yakni hanya Rp50.000 dan periode dormaint yang lebih lama sehingga (limit waktu tabungan pasif).
Untuk membuka tabungan Simpedes TKI, syaratnya cukup mudah:
  • Mendatangi kantor cabang BRI terdekat dengan melampirkan fotokopi kartu identitas diri serta surat rekomendasi PPTKIS.
  • Mengisi formulir pendaftaraan pembukaan rekening Simpedes TKI.
4. Tabungan Haji
Tabungan haji adalah rekening BRI yang khusus dibuat bagi Anda yang hendak menabung biaya perjalanan haji Anda. Nasabah yang membuka rekening jenis ini akan mendapat  keuntungan sebagai berikut:
  • Gratis biaya administrasi
  • Gratis asuransi jiwa dan kecelakaan
  • Hubungan online dengan SISKOHAT DEPAG
  • Mendapatkan suvenir untuk perlengkapan ibadah haji
  • Kegiatan menabung atau menyetor dapat dilakukan dari cabang BRI mana pun di Indonesia, serta melalui menu “transfer” di BRI e-channel.
Untuk membuka Tabungan Haji, syaratnya cukup mudah:
  • Mendatangi kantor cabang BRI terdekat dengan membawa fotokopi kartu identitas.
  • Mengisi formulir pendaftaran pembukaan Tabungan Haji.
  • Menyetor uang awal sebesar Rp50.000 atau AS$50.
5. BritAma Dollar
BritAma Dollar adalah jenis tabungan yang tepat bagi Anda yang ingin menabung dalam satuan dolar Amerika Serikat. Keunggulan rekening ini adalah Anda mendapatkan asuransi kecelakaan diri gratis (jika saldo minimal AS$100, total tanggungan asuransi maksimal 250% dari saldo akhir atau maksimal Rp100.000.000), suku bunga yang kompetitif, penyetoran uang dapat dilakukan dalam satuan rupiah atau dolar Amerika Serikat, dan kemudahan transaksi online.
Pemegang tabungan BritAma Dollar mendapatkan fasilitas berikut ini:
  • Automatic Fund Transfer (AFT)
  • Account Sweep
  • Automatic Grab Fund (AGF)
  • Akses BRI Card
Untuk membuka tabungan BritAma Dollar, syaratnya cukup mudah:
  • Mendatangi kantor cabang BRI terdekat dengan membawa fotokopi kartu identitas.
  • Menyetorkan setoran awal sejumlah minimal AS$50.
  • Mengisi formulir pendaftaran pembukaan BritAma Dollar.
  • Melampirkan fotokopi NPWP, izin usaha, Anggaran Dasar/Akte Pendirian, dokumen identitas pengurus, dan surat kuasa (bagi non-perorangan).

Keunggulan dan Prosedur pada Bank BRI

Keunggulan

  • Jaringan Luas
    Bank BRI memiliki jaringan yang luas sehingga memberikan kemudahan bagi Anda untuk bertransaksi. Bank BRI memiliki lebih dari 6.800 unit kerja dan sudah menjadi bank devisa sejak tahun 1962.
  • Tenaga Kerja Profesional
    Treasury Bank BRI didukung oleh tenaga kerja profesional yang siap memberikan pengarahan terkait dengan bisnis Anda dan produk-produk yang kami miliki. Tujuan kami murni untuk memberikan pelayanan terbaik bagi anda.
  • Layanan produk Sesuai Kebutuhan Anda
    Produk yang kami miliki dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda, antara lain:
    • Produk Foreign Exchange
    • Produk Money Market
    • Produk Fixed Income
    • Produk Derivatif

Prosedur

Transaksi dapat dilaksanakan dengan mudah. Anda hanya cukup datang ke unit kerja BRI terdekat atau menghubungi Dealing Room Treasury dan kami siap memberikan pelayanan terbaik untuk anda

Masalah Dalam Bisnis Mikro

·         Dinilai dalam kompetisi berbasis mikro, semua bank belum tentu dapat mencapai keunggulan dalam menguasai lingkup bisnis mikro khususnya di tahun 2014 ini. Sebenarnya kompetisi di bisnis mikro tidak hanya saat ini. Sebelumnya juga banyak pendatang baru di bisnis mikro. Ada yang mampu bertahan, ada yang tidak. Di satu sisi bisnis mikro menjanjikan net interest margin (NIM) yang tinggi. Namun, di sisi lain, bank harus menanggung biaya operasional yang cukup besar, seperti biaya SDM (sumber daya manusia), supervisi, dan biaya operasional lainnya.
·         Selain itu, kompetisi sebenarnya hanya di sisi pembiayaan (penyaluran kredit) karena tidak semua pesaing mampu melakukan penghimpunan dana dan penyediaan jasa bank lainnya di setiap outlet mikronya. Juga, kompetisi terjadi tidak dalam skala nasional, tapi per region. Dalam skala nasional, Bank BRI termasuk Bank yang unggul dalam menguasai bisnis mikro dikarenakan Bank BRI dapat menampung kualifikasi tersebut ditengah ketatnya perasingan bisnis mikro.
·         Masalah bisnis mikro juga dating pada pesaing pesaing baru yang terus berusaha menguasai ruang lingkup bisnis mikro. BRI memiliki keunggulan kompetitif dalam hal brand name dan pengalaman di bisnis mikro serta jaringan kerja yang tersebar dan terbesar. Saat ini BRI memiliki lebih dari 9.000 outlet yang terkoneksi online (hampir tiga kali lipat dari jumlah seluruh kantor pos di Indonesia) yang juga didukung 14.292 jaringan automatic teller machine (ATM) BRI yang merupakan jaringan ATM terbesar di Indonesia. Namun, bukan berarti kami diam. Untuk ke depannya, kami terus menambah jaringan, khususnya untuk bisnis mikro, dan terus meningkatkan kualitas layanan.
·         Sumber Daya Manusia yang berkualitas adalah salah satu asset terbesar untuk kemajuan suatu perusahaan. Kurangnya SDM adalah salah satu masalah pokok terbesar dalam menghadapi persaingan bisnis mikro di Indonesia. Untuk meningkatkan kapasitas unit kerja operasional dan memerhatikan potensi bisnis yang sangat besar di segmen mikro, BRI merencanakan untuk menambah jumlah SDM sebanyak 6.000 pekerja, di mana sebagian besar akan ditujukan untuk penambahan tenaga pemasaran.

Strategi Bisnis Mikro Bank BRI

·      Strategi yang dilaksanakan BRI untuk mencapai target pertumbuhan di atas adalah pertama, inovasi produk, baik produk tabungan maupun produk pinjaman. BRI menciptakan berbagai customized product untuk memenuhi kebutuhan spesifik nasabah.
·      Kedua, pengembangan jaringan kerja BRI. Selama 2012 BRI membuka 125 BRI Unit dan 500 Teras BRI.
·      Ketiga, BRI juga melakukan pengembangan electronic channel (e-channel) sehingga saat ini telah dapat ditemui lebih dari 14.000 ATM di seluruh Indonesia. Features yang ditawarkan pun telah lengkap, yaitu lebih dari 750features, mulai dari pembelian pulsa sampai dengan pembayaran rekening listrik/air. Dengan semakin banyaknya channel layanan BRI, semakin mudah bagi nasabah dalam mengakses produk BRI.
·      Keempat, biaya yang bersaing. Dengan komposisi dana BRI yang baik, low cost fund yang lebih besar daripada high cost fund, BRI mampu menawarkan rateyang kompetitif. Kelima, BRI juga semakin memperbaiki tingkat layanan perbankannya. Dan, keenam, peningkatan kualitas SDM.