Kamis, 10 Oktober 2013

VISCA FEBRINA 28210396 4EB23 TUGAS M-1



NAMA           :           VISCA FEBRINA
KELAS          :           4EB23
NPM              :           28210396
TUGAS M-1 SOFTSKILL ETIKA PROFESI AKUNTANSI#
Perilaku menyimpang yang juga biasa dikenal dengan nama penyimpangan sosial adalah perilaku yang tidak sesuai dengan nilai-nilai kesusilaan atau kepatuhan, baik dalam sudut pandang kemanusiaan (agama) secara individu maupun pembenarannya sebagai bagian daripada makhluk sosial.
Faktor-faktor penyebab penyimpangan sosial  :
*      Faktor dari dalam adalah intelegensi atau tingkat kecerdasan, usia, jenis kelamin dan kedudukan seseorang dalam keluarga. Misalnya: seseorang yang tidak normal dan pertambahan usia.
*      Faktor dari luar adalah kehidupan rumah tangga atau keluarga, pendidikan di sekolah, pergaulan dan media massa. Misalnya: seorang anak yang sering melihat orang tuanya bertengkar dapat melarikan diri pada obat-obatan atau narkoba. Pergaulan individu yang berhubungan teman-temannya, media massa, media cetak, media elektronik.
Pencegahan penyimpangan sosial. Antara lain :
*      Keluarga
Keluarga merupakan awal proses sosialisasi dan pembentukan kepribadian seorang anak. Kepribadian seorang anak akan terbentuk dengan baik apabila ia lahir dan tumbuh berkembang dalam lingkungan keluarga yang baik begitu sebaliknya.
*      Lingkungan tempat tinggal dan teman sepermainan
Lingkungan tempat tinggal juga dapat mempengaruhi kepribadian seseorang untuk melakukan penyimpangan sosial. Seseorang yang tinggal dalam lingkungan tempat tinggal yang baik, warganya taat dalam melakukan ibadah agama dan melakukan perbuatan-perbuatan yang baik maka keadaan ini akan memengaruhi kepribadian seseorang menjadi baik sehingga terhindar dari penyimpangan sosial dan begitu juga sebaliknya.
*      Media massa
Media massa baik cetak maupun elektronik merupakan suatu wadah sosialisasi yang dapat mempengaruhi seseorang dalam kehidupan sehari-hari. Langkah pencegahan agar tidak terpengaruh akibat media massa adalah apbila kamu ingin menonton acara di televisi dengan memilih acara yang bernilai positif dan menghindari tayangan yang dapat membawa pengaruh tidak baik.

1)      Penyimpangan perilaku atau etika hari Minggu 06 Oktober 2013
Kasus korupsi MK ( Mahkamah Konstitusi ) Akil Mochtar. Seperti berita yang lagi panas-panasnya minggu ini, masyarakat tahu kalau Akil Mochtar tidak hanya melakukan korupsi tetapi sudah jelas terbukti melakukan etika atau perilaku yang menyimpang dengan ditemukannya uang sebesar Rp 2,7 milyar dirumah dinasnya dan KPK menemukan narkotika jenis ganja dan ekstasi di ruang kerjanya di gedung MK. Sudah jelas terlihat kalau ketua MK ini melakukan jenis penyimpangan yang jelas-jelas tidak baik dan merugikan orang banyak.

2)      Penyimpangan perilaku atau etika hari Senin tanggal 07 Oktober 2013
Membuang sampah tidak pada tempatnya, ini juga merupakan salah satu penyimpangan perilaku. Ini disebut dengan penyimpangan primer. Penyimpangan primer ini maksudnya penyimpangan yang dilakukan oleh seseorang namun kehadirannya ditengah masyarakat masih dapat diterima. Akibat membuang sampah sembarang ini bisa mengganggu masyarakat lain, diantaranya lingkungan terlihat kotor (pencemaran lingkungan), dengan membuang sampah sembarangan dapat menyebabkan terjadinya banjir dan karena kesalahan orang-orang yang kurang sadar akan keadaan lingkungan sekitar dampaknya akan kena ke semua masyarakat.

3)      Penyimpangan perilaku atau etika hari Selasa 08 Oktober 2013
Ridwan Nur alias Tompel begitu berani menyiram air keras ke bus PPD 213 jurusan Kampung Melayu-Grogol, sehingga melukai 13 orang. Aksi nekat Tompel itu sebenarnya disebabkan oleh berbagai faktor. Faktornya antara lain karena kurangnya perhatian keluarga atau keluarga yang kurang harmonis, akibat didikan sesaat senior yang memaksa dia untuk ikut tawuran antar pelajar, dll. Salah satu pengaruh yang besar itu ada di dalam keluarga, mungkin karena dia lahir dari hubungan keluarga yang rapuh, dia mengimplementasikan frustrasi beratnya yang disalurkan dari perbuatan-perbuatan yang dengan mencari masukan-masukan dari teman-temannya. Tapi ini justru mengarahkan ke arah yang salah, ini bentuk frustasi dari lingkungan keluarga, sosial, berasal dari keluarga, dan sekolah.

4)      Penyimpangan perilaku atau etika hari Rabu 09 Oktober 2013
Mengendarai kendaraan dengan kecepatan yang terlalu tinggi (mengebut). Perilaku berkendara yang menyimpang dan sembrono seringkali memicu kecelakaan lalu lintas di jalan raya. Karena kelalaian individual sangat merugikan orang-orang disekitarnya. Kita lihat contoh kasus seperti kasus Afriyani Susanti, Abdul Qodir Jailani, dsb. Karena kelalaian orang ini merugikan orang lain, memakan korban jiwa dan sebagainya. Alangkah baiknya kita sebagai pengendara yang luhur adalah ketika mau berbagi ruas jalan. Pada gilirannya terwujud dalam berkendara yang taat pada aturan, agar lalu lintas jalan menjadi lebih aman, nyaman, dan selamat. Ada sejumlah etika berkendara yang masuk dalam aturan. Misalnya, mendahulukan kendaraan yang membawa orang sakit. Tetapi ada etika yang tidak diatur secara kaku dalam regulasi. Misalnya saja, tidak boleh membunyikan klakson keras-keras saat melintas di sekitar rumah ibadah dan melintas di dekat rumah yang sedang berduka.

5)      Penyimpangan perilaku atau etika hari Kamis 10 Oktober 2013
Kereta api (KA) Lodaya Siang jurusan Solo-Bandung menabrak batu yang sengaja dipasang orang tidak bertanggung jawab. Akibat kejadian ini kereta api Lodaya dengan lokomotif CC 20410 yang membawa rangkaian empat kereta eksekutif, tiga kereta bisnis, satu kereta restorasi dan satu gerbong barang harus berhenti luar biasa di stasiun Gombong untuk pemeriksaan kerusakan. Karena kesalahan satu orang yang tidak bertanggungjawab ini bisa menyebabkan kecelakaan. Dan ini termasuk salah satu bentuk penyimpangan perilaku .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar