NAMA KELOMPOK :
CITRA DIANA N H (21210608)
VISCA FEBRINA (
28210396)
KELAS :
4 EB 23
TUGAS SOFTSKILL AKUNTANSI
INTERNASIONAL #
BANK RAKYAT INDONESIA (BRI)
Bank Rakyat
Indonesia atau biasa disingkat BRI adalah salah
satu bank milik pemerintah yang terbesar di Indonesia. Bank Rakyat
Indonesia didirikan pada 16 Desember 1895 di Purwokerto, Jawa Tengah. Tanggal
tersebut dijadikan hari jadi Bank Rakyat Indonesia. Bank Rakyat
Indonesia didirikan oleh Raden Aria Wirjaatmadja.
Sejarah BRI
Semula, bank ini
bernama Hulpen Spaarbank der Inlandsche Bestuurs Ambtenaren atau
Bank Bantuan dan Simpanan Milik Kaum Priyayi yang berkebangsaan Indonesia
(pribumi). Setelah masa kemerdekaan, bank ini menjadi bank pertama milik
pemerintah. Hal itu dikuatkan dengan keluarnya Peraturan Pemerintah Nomor 1
Tahun 1946 Pasal 1 yang menerangkan bahwa bank yang didirikan oleh Raden Aria
Wirjaatmadja ini menjadi bank milik pemerintah.
Tahun 1948, terjadi
perang kemerdekaan yang mengakibatkan kegiatan Bank Rakyat Indonesia
terhenti dan mulai aktif kembali beroperasi setelah Perjanjian Renville pada
1949. Beroperasinya kembali bank ini diikuti dengan perubahan nama menjadi Bank
Rakyat Indonesia Serikat. Pada waktu itu, melalui Perpu Nomor 41 Tahun 1960,
dibentuk Bank Koperasi Tani dan Nelayan (BKTN) yang merupkan peleburan
dari BRI, Bank Tani Nelayan, dan Nederlandsche Maatschappij (NHM).
Kemudian, berdasarkan
Penetapan Presiden (Penpres) Nomor 9 Tahun 1965, BKTN diintegrasikan ke dalam Bank
Indonesia dengan nama Bank Indonesia Urusan Koperasi Tani dan
Nelayan. Setelah berjalan selama satu bulan, keluarlah Penpres Nomor 17
Tahun 1965 mengenai pembentukan Bank tunggal dengan nama Bank Negara Indonesia.
Dalam ketentuan baru itu, Bank Indonesia Urusan Koperasi, Tani dan Nelayan (eks
BKTN) disatukan dengan nama Bank Negara Indonesia unit II bidang Rural.
NHM menjadi Bank
Negara Indonesia unit bidang Ekspor Impor (Exim). Berdasarkan
Undang-Undang Nomor 14 Tahun 1967 mengenai Undang-Undang Pokok Perbankan dan
Undang-undang No. 13 tahun 1968 mengenai Undang-Undang Bank Sentral, fungsi
Bank Indonesia kembali menjadi Bank Sentral dan Bank Negara Indonesia Unit II
Bidang Rular dan Ekspor Impor dipisahkan masing-masing menjadi dua bank, yaitu
Bank Rakyat Indonesia dan Bank Ekspor Impor Indonesia.
Berdasarkan
Undang-Undang Nomor 21 Tahun 1968, menetapkan kembali tugas-tugas pokok
Bank Rakyat Indonesia sebagai bank umum. Sejak 1 Agustus 1992, berdasarkan
Undang-Undang Perbankan Nomor 7 Tahun 1992 dan Peraturan Pemerintah Nomor 21
Tahun 1992, status Bank Rakyat Indonesia berubah menjadi PT Bank Rakyat
Indonesia (Persero). Meskipun mengalami perubahan status, kepemilikan masih
tetap 100 persen berada di tangan Pemerintah.
Bidang Usaha BRI
Bank Rakyat Indonesia
(Persero) tetap konsisten pada pelayanan masyarakat
kecil. Bentuk pelayanan tersebut, antara lain memberikan fasilitas kredit pada
golongan pengusaha kecil. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya Kredit
Usaha Kecil (KUK) dari tahun ke tahun.
Seiring dengan
perkembangan dunia perbankan Indonesia, Bank Rakyat Indonesia pun berkembang
semakin pesat. Bank Rakyat Indonesia pun telah tersebar diseluruh pelosok
Indonesia. Selain tersebar di seluruh pelosok Indonesia, Bank Rakyat Indonesia
pun memiliki perwakilan di luar negeri, seperti Kantor Perwakilan Hongkong. Dan
setiap tahun membuka lowongan kerja BRI.
Visi dan Misi BRI
Inilah visi dan misi
yang ingin dicapai oleh BRI.
Visi : Menjadi bank komersial terkemuka yang
selalu mengutamakan kepuasan nasabah.
Misi :
1. Melakukan kegiatan perbankan yang terbaik dengan
mengutamakan pelayanan kepada usaha mikro, kecil dan menengah untuk menunjang
peningkatan ekonomi masyarakat.
2. Memberikan pelayanan prima kepada nasabah melalui
jaringan kerja yang tersebar luas dan didukung oleh sumber daya manusia yang
profesional dengan melaksanakan praktik good corporate governance.
3. Memberikan keuntungan dan manfaat yang optimal kepada
pihak-pihak yang berkepentingan.
Penghargaan yang Diterima BRI
Kiprah Bank Rakyat
Indonesia dalam dunia perbankan Indonesia telah menghasilkan banyak
penghargaan. Berikut ini beberapa penghargaan yang telah diterima Bank Rakyat
Indonesia.
- Bisnis Indonesia Award 2009
- Best Perfomance Bank 2009
- Best Bank 2009 dari majalah “Investor”
- Best Public Company 2008 dari majalah “SWA”
Jenis-Jenis Tabungan BRI
Jika Anda berniat
untuk membuka tabungan, Bank Rakyat Indonesia bisa menjadi pilihan Anda.
Bank ini memiliki ragam jenis tabungan yang bisa dipilih sesuai kebutuhan
nasabah.
1. Tabungan BritAma
BritAma adalah jenis
tabungan Bank Rakyat Indonesia yang mempermudah nasabahnya dengan
sistem Real Time Online. Anda dapat menyetorkan tabungan Anda atau
mengambil uang Anda di seluruh unit bank BRI yang tersebar di seantero
nusantara. BritAma juga dilengkapi dengan fasilitas berupa BritAma Prime Card.
Pemegang tabungan
BritAma mendapatkan fasilitas berikut ini:
- Automatic Fund Transfer (AFT); yaitu kemampuan untuk mentransfer sejumlah dana dari rekening BritAma Anda ke rekening simpanan lain di Bank Rakyat Indonesia cabang mana pun, setiap tanggal yang telah Anda tentukan, dan sejumlah yang Anda tentukan secara rutin.
- Account Sweep; yaitu fasilitas untuk memudahkan Anda mentransfer uang dari rekening satu ke rekening lainnya secara otomatis (setelah sebelumnya Anda menyetel jumlah saldo minimal atau maksimalnya). Transfer tersebut akan otomatis dilakukan jika batas saldo maksimal atau minimal terlampaui.
- Automatic Grab Fund (AGF); yaitu kemudahan untuk mendebet uang secara otomatis oleh satu rekening dari rekening lainnya, yang sifatnya rutin atau tetap. Kemudahan ini dapat dmanfaatkan dalam membayar angsuran pinjaman secara otomatis.
- Asuransi kecelakaan diri; jika saldo Anda minimal Rp500.000, Anda mendapatkan hak jaminan asuransi kecelakaan diri. Nilai penanggungan asuransi ini adalah sebesar 250% dari saldo. Maksimal penanggungan adalah sebesar Rp150.000.000. asuransi ini juga bisa digunakan untuk asuransi rawat inap dan asuransi cacat tetap.
- Akses penggunaan BRI Card dan jaringan BRI card.
- Undian dengan hadiah miliaran rupiah.
Untuk membuka
tabungan BritAma, syaratnya cukup mudah:
- Mendatangi unit cabang BRI terdekat dengan membawa fotokopi kartu identitas dan NPWP (jika ada)
- Mengisi formulir pendaftaran pembukaan tabungan BritAma
- Menyetor setoran awal sebesar Rp250.000
- Bagi non-perorangan, melampirkan Anggaran Dasar/Akte Pendirian, NPWP, izin usaha, dokumen mengenai identitas pengurus, dan surat kuasa
2. Tabungan Simpedes
Simpedes adalah jenis
tabungan yang cocok bagi Anda yang bertransaksi dan menabung dalam rupiah
(bukan mata uang asing). Nasabah Simpedes dapat dilayani di berbagai jenis
kantor cabang Bank Rakyat Indonesia. Tidak ada pembatasan jumlah maupun
frekuensi penyetoran dan penarikan uang.
Keunggulan dari
tabungan Simpedes adalah jaringannya yang tersebar di seluruh Indonesia dan
serta terhubung online, nasabah berpeluang memenangkan hadiah besar miliaran
rupiah, nasabah mendapatkan kartu ATM BRI yang bisa digunakan
sebagai kartu debit, serta proses pembukaan rekening yang praktis.
Pemegang tabungan
Simpedes mendapatkan fasilitas berikut ini:
- Automatic Fund Transfer (AFT)
- Account Sweep
- Automatic Grab Fund (AGF)
- Akses penggunaan BRI Card dan jaringannya
Untuk membuka
tabungan Simpedes, syaratnya cukup mudah:
- Mengunjungi cabang BRI terdekat dengan membawa fotokopi kartu identitas diri (untuk perorangan) atau membawa dokumen identitas perusahaan, SIUP, dan Anggaran Dasar (untuk non-perorangan).
- Mengisi formulir pendaftaran pembukaan rekening Simpedes.
3. Simpedes TKI
Sesuai namanya, jenis
tabungan ini diperuntukkan bagi TKI. Tujuan diadakannya jenis tabungan ini
adalah untuk memudahkan kegiatan transaksi TKI, termasuk kegiatan penyaluran
dan penyimpanan gaji pada TKI.
Kelebihan jenis
tabungan ini adalah setoran awal yang sedikit, yakni hanya Rp50.000 dan periode
dormaint yang lebih lama sehingga (limit waktu tabungan pasif).
Untuk membuka
tabungan Simpedes TKI, syaratnya cukup mudah:
- Mendatangi kantor cabang BRI terdekat dengan melampirkan fotokopi kartu identitas diri serta surat rekomendasi PPTKIS.
- Mengisi formulir pendaftaraan pembukaan rekening Simpedes TKI.
4. Tabungan Haji
Tabungan haji adalah rekening BRI yang khusus dibuat bagi Anda yang hendak menabung
biaya perjalanan haji Anda. Nasabah yang membuka rekening jenis ini akan
mendapat keuntungan sebagai berikut:
- Gratis biaya administrasi
- Gratis asuransi jiwa dan kecelakaan
- Hubungan online dengan SISKOHAT DEPAG
- Mendapatkan suvenir untuk perlengkapan ibadah haji
- Kegiatan menabung atau menyetor dapat dilakukan dari cabang BRI mana pun di Indonesia, serta melalui menu “transfer” di BRI e-channel.
Untuk membuka
Tabungan Haji, syaratnya cukup mudah:
- Mendatangi kantor cabang BRI terdekat dengan membawa fotokopi kartu identitas.
- Mengisi formulir pendaftaran pembukaan Tabungan Haji.
- Menyetor uang awal sebesar Rp50.000 atau AS$50.
5. BritAma Dollar
BritAma Dollar adalah
jenis tabungan yang tepat bagi Anda yang ingin menabung dalam satuan dolar
Amerika Serikat. Keunggulan rekening ini adalah Anda mendapatkan asuransi
kecelakaan diri gratis (jika saldo minimal AS$100, total tanggungan asuransi
maksimal 250% dari saldo akhir atau maksimal Rp100.000.000), suku bunga yang kompetitif,
penyetoran uang dapat dilakukan dalam satuan rupiah atau dolar Amerika Serikat,
dan kemudahan transaksi online.
Pemegang tabungan
BritAma Dollar mendapatkan fasilitas berikut ini:
- Automatic Fund Transfer (AFT)
- Account Sweep
- Automatic Grab Fund (AGF)
- Akses BRI Card
Untuk membuka
tabungan BritAma Dollar, syaratnya cukup mudah:
- Mendatangi kantor cabang BRI terdekat dengan membawa fotokopi kartu identitas.
- Menyetorkan setoran awal sejumlah minimal AS$50.
- Mengisi formulir pendaftaran pembukaan BritAma Dollar.
- Melampirkan fotokopi NPWP, izin usaha, Anggaran Dasar/Akte Pendirian, dokumen identitas pengurus, dan surat kuasa (bagi non-perorangan).
Keunggulan dan Prosedur pada Bank BRI
Keunggulan
- Jaringan Luas
Bank BRI memiliki jaringan yang luas sehingga memberikan kemudahan bagi Anda untuk bertransaksi. Bank BRI memiliki lebih dari 6.800 unit kerja dan sudah menjadi bank devisa sejak tahun 1962. - Tenaga Kerja Profesional
Treasury Bank BRI didukung oleh tenaga kerja profesional yang siap memberikan pengarahan terkait dengan bisnis Anda dan produk-produk yang kami miliki. Tujuan kami murni untuk memberikan pelayanan terbaik bagi anda. - Layanan produk Sesuai Kebutuhan
Anda
Produk yang kami miliki dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda, antara lain: - Produk Foreign Exchange
- Produk Money Market
- Produk Fixed Income
- Produk Derivatif
Prosedur
Transaksi dapat dilaksanakan dengan mudah. Anda hanya
cukup datang ke unit kerja BRI terdekat atau menghubungi Dealing Room Treasury
dan kami siap memberikan pelayanan terbaik untuk anda
·
Dinilai
dalam kompetisi berbasis mikro, semua bank belum tentu dapat mencapai
keunggulan dalam menguasai lingkup bisnis mikro khususnya di tahun 2014 ini. Sebenarnya
kompetisi di bisnis mikro tidak hanya saat ini. Sebelumnya juga banyak
pendatang baru di bisnis mikro. Ada yang mampu bertahan, ada yang tidak. Di
satu sisi bisnis mikro menjanjikan net interest margin (NIM) yang tinggi. Namun, di sisi
lain, bank harus menanggung biaya operasional yang cukup besar, seperti biaya
SDM (sumber daya manusia), supervisi, dan biaya operasional lainnya.
·
Selain itu, kompetisi sebenarnya hanya di sisi pembiayaan
(penyaluran kredit) karena tidak semua pesaing mampu melakukan penghimpunan
dana dan penyediaan jasa bank lainnya di setiap outlet mikronya. Juga,
kompetisi terjadi tidak dalam skala nasional, tapi per region. Dalam skala nasional, Bank BRI
termasuk Bank yang unggul dalam menguasai bisnis mikro dikarenakan Bank BRI
dapat menampung kualifikasi tersebut ditengah ketatnya perasingan bisnis mikro.
·
Masalah bisnis mikro juga dating pada pesaing pesaing baru yang terus
berusaha menguasai ruang lingkup bisnis mikro. BRI memiliki keunggulan kompetitif dalam hal brand name dan pengalaman
di bisnis mikro serta jaringan kerja yang tersebar dan terbesar. Saat ini BRI
memiliki lebih dari 9.000 outlet yang terkoneksi online (hampir tiga kali lipat dari jumlah
seluruh kantor pos di Indonesia) yang juga didukung 14.292 jaringan automatic teller machine (ATM) BRI yang merupakan jaringan ATM
terbesar di Indonesia. Namun, bukan berarti kami diam. Untuk ke depannya, kami
terus menambah jaringan, khususnya untuk bisnis mikro, dan terus meningkatkan
kualitas layanan.
·
Sumber Daya Manusia yang berkualitas adalah salah satu asset terbesar
untuk kemajuan suatu perusahaan. Kurangnya SDM adalah salah satu masalah pokok
terbesar dalam menghadapi persaingan bisnis mikro di Indonesia. Untuk meningkatkan kapasitas unit kerja operasional dan
memerhatikan potensi bisnis yang sangat besar di segmen mikro, BRI merencanakan
untuk menambah jumlah SDM sebanyak 6.000 pekerja, di mana sebagian besar akan
ditujukan untuk penambahan tenaga pemasaran.
Strategi Bisnis Mikro Bank BRI
·
Strategi yang dilaksanakan BRI untuk mencapai target
pertumbuhan di atas adalah pertama, inovasi produk, baik produk tabungan maupun
produk pinjaman. BRI menciptakan berbagai customized product untuk memenuhi kebutuhan spesifik
nasabah.
·
Kedua, pengembangan jaringan kerja BRI. Selama 2012 BRI
membuka 125 BRI Unit dan 500 Teras BRI.
·
Ketiga, BRI juga melakukan pengembangan electronic channel (e-channel) sehingga
saat ini telah dapat ditemui lebih dari 14.000 ATM di seluruh Indonesia.
Features yang ditawarkan pun telah lengkap, yaitu lebih dari 750features, mulai dari pembelian
pulsa sampai dengan pembayaran rekening listrik/air. Dengan semakin banyaknya
channel layanan BRI, semakin mudah bagi nasabah dalam mengakses produk BRI.
·
Keempat, biaya yang bersaing. Dengan komposisi dana BRI
yang baik, low cost fund yang lebih besar daripada high cost
fund, BRI mampu menawarkan rateyang kompetitif. Kelima, BRI
juga semakin memperbaiki tingkat layanan perbankannya. Dan, keenam, peningkatan
kualitas SDM.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar