Jumat, 07 Januari 2011

tulisan pengantar bisnis ke 2


Nama : Visca Febrina
Kelas  : 1EB18
NPM   : 28210396
SISTEM EKONOMI ( ECONOMIC SYSTEM )
Sistem ekonomi dapat didefinisikan sebagai seperangkat mekanisme dan institusi untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan apa, bagaimana, dan untuk siapa barang dan jasa di produksi atau what, how, and whom . Sistem ekonomi merupaka strategi suatu Negara mengatur kehidupan ekonomi dalam rangka mencapai kemakmuran .
Ada factor internal dan factor eksternal yang mempengaruhi sistem ekonomi suatu Negara dengan Negara lainnya .
*      Factor internal :
a.      Falsafah dan ideologi Negara
b.      System politik
c.       System pemerintahan
d.      Lembaga-lembaga social, ekonomi, dan budaya masyarakat Negara tersebut.
*      Factor eksternal :
a.      System ekonomi yang dianut Negara
b.      Social budaya luar negeri
c.       Politik dunia internasional
·        Macam-macam Sistem Ekonomi
A.      System ekonomi tradisional
Pada system ini , orang bekerja semata-mata untuk memenuhi kebutuhan pokok . Tujuan utama mereka adalah untuk mempertahankan tradisi yang terjadi turun temurun , orang tidak mempersoalkan apa yang harus dilakukan dan mengapa dilakukan .
 
B.      System ekonomi liberal / system ekonomi kapitalis
System ekonomi ini disebut juga Free Fight Liberalism yang merupakan suatu penerapan kehidupan ekonomi yang bebas , dimana warga negara di beri kebebasan untuk menentukan kegiatan ekonominya , seluruh sumber daya yang tersedia, dimiliki, dan dikuasai oleh anggota masyarakat untuk dikembangkan secara bebas . Dalam system liberal pemerintah tidak ikut campur tangan dalam kegiatan ekonomi yang dilakukan masyarakat . Masyarakat bebas menentukan jenis pekerjaan yang ingin dilakukan . Masyarakatlah yang membuat dan menjalankan keputusan ekonomi .

C.      System ekonomi etatisme / system ekonomi komando
System ekonomi etatisme atau sosialis ekonomi terpusat ( Government Planned Economy ) adalah system ekonomi yang penganturan kehidupan ekonominya secara langsung oleh Negara . Semua aktifitas, perencanaan, pelaksanaan , dan pengawasan kegiatan ekonomi dilakukan oleh pemerintah pusat .

D.     System ekonomi campuran
System ekonomi campuran merupakan system ekonomi yang mengambil segi positif dari system ekonomi liberal dan system ekonomi etatisme . Dalam hal ini , masyarakat diberi kebebasan untuk mengambil bagian dalam kegiatan ekonomi , tetapi hanya terbatas pada bidang-bidang yang tidak dikuasai hajat hidup orang banyak . Sementara bidang-bidang usaha yang vital dikelola dan dikuasai oleh Negara.

E.      Sistem ekonomi islam
Dalam system ini kepentingan individu dan kepentingan masyarakat sama-sama harus diunggulkan dalam memecahkan masalah pokok ekonomi untuk mencapai kemakmuran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar