Jumat, 07 Januari 2011

tulisan pengantar bisnis ke 4


Nama : Visca Febrina
Kelas  : 1EB18
NPM   : 28210396
MASALAH EKONOMI DI INDONESIA
1.      KEMISKINAN
Menurut BPS tahun 2003 tercatat sekitar 40 juta penduduk Indonesia berada pada garis kemiskinan. Kemiskinan mempunyai pengertian yang luas dan memang tidak mudah untuk mengukurnya. Ada dua macam ukuran kemiskinan yang umum dipergunakan yaitu kemiskinan absolute dan kemiskinan relative.
a.      Kemiskinan absolute
Jika pendapatan tidak dapat mencukupi kebutuhan minimum, maka orang dapat dikatakan miskin . Tingkat pendapatan minimum merupakan pembatas antara keadaan miskin dengan tidak miskin atau sering disebut sebagai garis batas kemiskinan, Konsep ini sering disebut kemiskinan absolute.
b.      Kemiskinan relative
Orang yang sudah mempunyai tingkat pendapatan yang dapat memenuhi kebutuhan dasar minimum tidak selalu berarti “tidak miskin”. Ada ahli yang berpendapat bahwa walaupun pendapatan sudah mencapai tingkat kebutuhan dasar minimum, tetapi masih jauh lebih rendah dibanding dengan keadaan masyarakat sekitarnya , maka orang tersebut masih berada dalam keadaan miskin . Ini terjadi karena kemiskinan lebih banyak ditentukan oleh keadaan sekitarnya , dari pada orang yang bersangkutan .
2.      KETERBELAKANGAN
Keterbelakangan tampak pada banyak hal seperti : tingkat pendidikan masyarakat yang masih rendah, daya saing dan kualitas manusia yang rendah , infrastruktur pembangunan, penguasaann teknologi , dll
3.      PENGANGGURAN
Indonesia mempunya masalah pengangguran . Banyak angkatan kerja yang tidak tertampung karena sempitnya lapangan pekerjaan . Masalah lapangan kerja ini menyangkut infrastruktur maupun kualitas tenaga kerja.
4.      KEKURANGAN MODAL
Semua Negara sedang berkembang mempunyai masalah kekurangan modal , termasuk Negara kita . Kekurangan tersebut karena sedikitnya tabungan masyarakat yang diakibatkan oleh rendahnya pendapatan . Rendahnya pendapatan ini karena rendahnya investasi masyarakat. Dengan demikian , terjadi lingkaran setan yang sulit diputus .
5.      MASALAH KETIMPANGAN PENDAPATAN
Penghapusan kemiskinan dan berkembanmganya ketidakmerataan distribusi pendapatan merupakan inti permasalahan pembangunan. Lewat pemahaman yang mendalam akan masalah ketidakmerataan dan kemiskinan ini memberikan dasar yang baik untuk menganalisis masalah pembangunan yang lebih khusus seperti : pertumbuhan penduduk, pengangguran , pembagunan pedesaaan , pendidikan , perdagangan internasional dsb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar